TIK Interview Project -9.6- Fauzan, Arga, Luthfi

Posted: Maret 21, 2011 by arga yudistira in Tugas TIK T.P. 2010/2011

Berikut adalah hasil wawancara kami dengan Bu Fitri, guru MTK di SMPN3 Batam sejak tahun 2000.

Present by: Fauzan Permana, Arga Adhya, Luthfi A. Mohon maaf kalau ada kesalahan, karena proses pengerjaan proyek ini penuh dengan kata: “molor”.😀

Q: Apa inspirasi yang menjadikan ibu seorang guru?
A: Inspirasi? Kamu nanya inspirasi ya? Gak ada inspirasi, ibu terus terang mengambil keguruan karena saran dari beberapa orang. Pertama dari orang tua, begitu juga dari guru-guru ibu. Kebetulan guru matematika juga, dia menyarankan ambil MIPA terserah mau kmana, paling tidak ambil keguruan yang gampang nyari kerjanya. “Paling gampang itu matematika karena kamu(Bu Fitri) punya potensi”. Kalo gak dapet kerja kan bisa ngeles.

Q: Ibu menjadi guru karena terpaksa atau kemauan sendiri?
A: Kok terpaksa, yaa engga . pertamanya ya karna ibu lulusan dari institut perguruan. Ya otomatis bisa jadi guru, tapi setelah di perjalan ternyata jadi guru itu asik, yaudah motivasinya kan jadi bagus. Enak setiap hari bergaul sama anak SMP, jadi ibu muda terus gak tua-tua. Hahaha.

Q: Sebelum jadi guru, cita-cita ibu apa?
A: Psikolog

Q: Sebelum ngajar di smp3, ibu dulu pertama kali ngajar dimana?
A: oh..pertama kali ngajar dulu waktu ibu baru lulus kuliah ngajar di SD-TK Pekanbaru. Terus pindah ke batam penempatanp[ertama di SDN 02 belakang padang. Dari tahun 1998-2000, Juli 2000 disini sampai sekarang.

Q: Diantara sekolah2 yang pernah ibu ajar, yang paling berkesan yang mana bu?
A: setiap sekolah beda-beda, semua ada kesan tersendiri seperti kalau di SD Islam dulu kalau ibu minum berdiri, muridnya bilang:” “ibu..gak sesuai dengan sunah rasul”katanya. Kalau di Belakang Padang lain lagi, karna disana anak pulau beda dengan yang disini, rata-rata muridnya bagus-bagus.

Q: Selama ibu ngajar disini, siapa murid yang paling ibu inget banget?
A: yang paling ibu inget banget? Banyak, pertama kai ibu datang kesini dulu biasanya yang paling diinget yang menonjol. Yang ibu inget pertama dulu Cristian namanya. Pokoknya setiap angkatan pasti adalah. Kalo harus disebutin satu-satu kebanyakan.

Q: Dulu kan ibu sempet ngajar di 9.6, nah, apa pendapat ibu ttg 9.6?
A: 96? 96 itu sebenernya anak-anaknya oke-oke semua. Iya kan? Cma ibu liat, kenapa ya? Males apa ya? Arga ibu liat bagus, Luthfi bagus, iya kan? Ah, Fauzan juga pada dasarnya bagus Cuma fauzan kayaknya males. Iya kan? Hahaha. Ibu liat, sebetulnya kalian punya potensi. Kompak juga kayaknya, tapi kadang-kadang kompaknya yang aneh-aneh hahaha.

Q: Anak ibu kan sekolah disini, nah gimana rasanya bu, ngajar anak sendiri di sekolah? Sama gak, dirumah dengan disekolah?
A: Sama aja, kan samasama siswa kalo di sekolah.ya tentunya bedalah kalo disekolah ya siswa kalo di rumah ya anak. Coba kamu duduk di 94, pasti sama aja.

Q: Suka-duka ibu selama ngajar disini apa bu?
A: Kayaknya lebih banyak sukanya, dari pada dukanya. Dukanya kalo siswanya males aja. Kalo sukanya kan karna disini kan anak-anak terpilih jadi kalo di ajarin cepet ngerti. Cumin dukanya ya itu, anaknya pinter, tapi gak memanfaatkan potensinya, dikasih tugas pagi-pagi baru ngerjain. Kalo kayak gitu gak akan mendapatkan hasil yang maksimal. Gitu aja kali, tapi lebih banyak sukanya daripada dukanya.

Q: Pesan ibu buat kami yang mau menghadapi UN apa aja bu?
A: yang pasti siapkan aja semua diri, yang pertama pokoknya kita harus percaya diri. Gimana caranya untuk percaya diri? Berarti, pahamilah materi itu dengan baik. SKLnya kan sudah ada, yauda belajarnya sekarang gak usah terlalu terbebani. Kan banyak tuh yang harus dipelajari dari pelajarn kelas 7-9, tapi kan SKL sudah diberikan. Nah, jadi kita jangan terlalu terbebani, kita kan sudah ada soal SKL. Yauda pahami aja SKL tersebut dengan baik, ibu yakin 100% INSYA ALLAH kalian pasti bisa ngerjain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s